Economic Empowerment CSR Sinarmas Land Bidang Ekonomi

Warung Super

Artikel

Lima Teknik Promosi yang Ampuh Meningkatkan Penjualan
08 August 2021

Lima Teknik Promosi yang Ampuh Meningkatkan Penjualan

 

Para pelaku bisnis, tentu nya harus mengetahui bagaimana teknik promosi itu dilakukan. Karena pada dasarnya jika kita memiliki sebuah bisnis haruslah mempunyai teknik atau cara-cara untuk bisa mempromosikan produk atau jasa yang kita miliki, agar bisa mencapai tujuan yaitu terjualnya produk atau jasa yang kita miliki.

Teknik promosi merupakan cara-cara yang di gunakan untuk memperkenalkan dan juga menawarkjan sebuah produk atau jasa yang kita miliki kepada para calon konsumen. Dengan tujuan yaitu supaya bisa meningkatkan penjualan produk atau jasa yang para pelaku bisnis miliki.

Jadi, disini kita akan memberi tahu 5 teknik promosi yang bisa para pelaku bisnis lakukan untuk diterapkan dalam hal promosi.

1. PERSONAL SELLING / PENJUALAN PERORANGAN

Personal selling / penjualan perorangan merupakan teknik pemasaran dengan cara menyampaikan informasi secara lisan dan secara lansung kepada calon konsumen, agar para calon konsumen dapat mempengaruhi niat untuk membeli produk atau jasa kita. Memperkenalkan produk yang kita miliki secara detail, kemudian memberikan informasi tekait keuntungan maupun manfaat dari produk tersebut. Ini dilakukan secara Person to person, sehingga penyampaian informasi yang kita berikan bisa tersampaikan secara jelas dan detail sehingga calon konsumen bisa tertarik.

Manfaat dari personal selling ini ialah bisa mendapatkan prospek dari konsumen, target bisa terfokus akan produk kita, terjalinnya hubungan relasi yang kuat dengan konsumen, serta kita bisa melakukan riset pasar secara lebih mendalam lagi.

 

2. ADVERTISING / PERIKLANAN

Advertising atau periklanan merupakan teknik promosi yang bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen. Melalui teknik periklanan ini, para pelaku bisnis bisa memberikan informasi yang akurat tentang kegunaan, kualitas, serta manfaat dari produk atau jasa yang di iklankan, dan tentunya jangkauan dalam periklanan ini akan sangat luas tersampaikan.

Media periklanan ini bisa berupa media cetak seperti, koran, majalah, brosur, dan lain sebagainya. Juga bisa berupa media elektronik seperti, radio, televisi, sosial media, dan yang lainnya.

 

3. SALES PROMOTION / PROMOSI PENJUALAN

Promosi penjualan merupakan teknik promosi jangka pendek untuk mendorong penjualan maupun pembelian akan produk atau jasa kita. Dengan cara agar para calon konsumen bisa mengetahui produk yang kita jual dengan harga dan penawaran yang terbaik. Tujuannya yaitu agar bisa meningkatkan permintaan atas produk atau jasa kita dari para konsumen, meningkatkan kinerja pemasaran kita, dan penjualan bisa tercapai secara langsung saat sedang melakukan promosi penjualan.

 

4. DIRECT MARKETING / PEMASARAN SEJALAN

Teknik promosi pada direct marketing ini akan langsung menyasar kepada calon konsumen yang sudah di targetkan melalui riset pasar, tentu nya sudah sesuai dengan produk atau jasa yang kita jual. Tujuannya yaitu kita bisa menjual produk atau jasa dengan mudah karena target konsumen kita sudah sesuai dengan produk atau jasa yang kita jual. Sehingga akan terjadi pembelian berulang kali karena kesesuaian akan produk kita kepada konsumen.

 

5. ENDORSER & TESTIMONIAL

Teknik promosi menggunakan endorser pada saat sekarang ini tengah menjadi trend bagi para pelaku bisnis, dan cukup begitu menjanjikan. Kita bisa menggunakan jasa dari para publik figur maupun selebritis yang terkenal di sosial media. Dengan mereka mempromosikan produk yang kita jual, tentunya para penggemar mereka akan menjadi target konsumen. Dengan tujuan para penggemar dari publik figur maupun selebritik tersebut mempunyai keinginan untuk membeli produk atau jasa yang kita promosikan melalui mereka.

Selain itu, teknik testimonial juga cukup menjanjikan dalam peningkatan penjualan yang kita inginkan. Karena dengan adanya testimonial dari para konsumen kita yang sudah membeli produk atau jasa, dengan cara mereview dan memberikan respond baik tentunya, maka calon konsumen selanjutnya pasti akan memiliki kepercayaan akan produk atau jasa yang kita miliki.

Artikel Terbaru

Please Activate Your Javascript

We're sorry but our site requires JavaScript. Please activate your browser's javascript.