Economic Empowerment CSR Sinarmas Land Bidang Ekonomi

Warung Super

Artikel

5 Teknik Promosi Ampuh Tingkatin Penjualan
23 December 2021

5 Teknik Promosi Ampuh Tingkatin Penjualan

 

Hallo Sobat SML UMKM CENTRE !!

Pada konten "Belajar Bisnis" kali ini kita udah nyiapin materi tentang Teknik Promosi bagi kita para pelaku bisnis UMKM.  

Ada 5 teknik promosi yang ampuh untuk bisa kita lakuin bersama agar bisa meningkatkan penjualan dari produk atau jasa yang kita jual.

Teknik promosi itu meliputi Personal Selling, Advertising, Sales Promotion, Direct Marketing dan juga Endorser & Testimonial.

  1. Personal Selling/Penjualan Perorangan : Merupakan teknik promosi dengan cara menyampaikan informasi secara lisan dan langsung kepada calon konsumen agar dapat mempengaruhi niat pembeli. Manfaatnya antara lain mendapatkan prospek konsumen, target berfokus, menjalin relasi dengan konsumen dan bisa melakukan riset pasar.
  2. Advertising/Periklanan : Melalui periklanan, para pelaku bisnis bisa memberikan informasi yang akurat tentang kegunaan, kualitas, serta manfaat dari produk atau jasa yang di iklankan. Media Periklanan bisa berupa media cetak (koran, majalah, brosur, dll) dan media elektronik (radio, televisi, media, sosial, dll)
  3. Sales Promotion/Promosi Penjualan : Promosi penjualan merupakan teknik jangka pendek untuk mendorong pembelianatau penjualan produk/jasa, mengingkatkan kinerja pemasaran, dan penjualan bisa tercapai secara langsung. 
  4. Direct Marketing/Pemasaran Sejalan : Pemasaran ini langsung menyasar kepada konsumen yang sudah ditargetkan sesuai dengan produk atau jasa yang kita miliki. Sebelum melakukan Direct  Marketing ini, biasanya para pembisnissudadh melakukan riset terkait produkatau jasa yang mereka jual dengan kesesuaian atau kebutuhan konsumen tertentu.

Endoser & Testimonial : Teknik promosi menggunakan Endorser pada saat sekarang ini sangatlah menjanjikan. Mereka bisa menggunakan jasa publik figure meupun selebritis yang terkenal di media sosial. Dengan begitu para penggemar mereka akan menjadi target penjualan. Selain itu testimonial juga bisa dilakukan dengan cara mereview hasil pembelian dan kita publikasikan ke media sosial.

Artikel Terbaru

Please Activate Your Javascript

We're sorry but our site requires JavaScript. Please activate your browser's javascript.